Home / Artikel / 9 Tips Manajemen Waktu Yang Tepat Untuk Mahasiswa

9 Tips Manajemen Waktu Yang Tepat Untuk Mahasiswa

Sobat sering kan nonton anime Doraemon, yang sejak awal pembuatan filmnya sampai sekarang masih ngehits. Penikmatnya mulai dari kalangan anak-anak sampai dewasa.

Peran yang menonjol dalam anime Doraemon adalah karakter Nobita yang sering dimarahi dan dihukum pak guru karena hampir setiap hari terlambat masuk kelas.

Ditambah sindiran dari Giant dan Suneo yang bikin Nobita malu sampai merengek minta pertolongan Doraemon untuk mengeluarkan alat dari kantong ajaibnya, supaya tidak terlambat masuk kelas. Tapi hal itu terjadi karena kecerobohan Nobita sendiri yang setiap hari selalu bangun kesiangan.

Dalam kehidupan nyata masih sering kita jumpai mahasiswa yang hampir setiap hari sering terlambat masuk kelas.

Berbagai alasan dilontarkan untuk menutupi kesalahan mereka, mulai dari bangun kesiangan, macet, ekskul sampai alasan klasik lain yang gak asing terdengar ditelinga dosennya.

Tanpa disadari kedatangan mahasiswa yang terlambat masuk kelas secara tiba-tiba sangat mengganggu proses perkuliahan yang sedang berlangsung.

Selain itu, akibatnya kalau terlambat masuk kelas dosen akan menyuruh menunggu di luar kelas sampai jam kuliah selesai, daftar hadir mahasiswa yang terlambat di bikin alfa. Daftar hadir itu berpengaruh pada prosentase kehadiran sobat yang menentukan bisa atau tidaknya sobat ikut ujian semester.

Mahasiswa yang terlambat juga merasa malu, kadang terbesit pikiran untuk on time masuk kelas. Keinginan merubah pola hidup menjadi disiplin, walaupun mereka sadar bahwa hal tersebut sulit dilakukan.

Salah satu kunci sukses adalah disiplin, sobat perlu meluangkan waktu untuk berpikir tentang manajemen waktu dalam menetapkan prioritas dan mengatur aktifitas harian.

Tujuan manajemen waktu agar terjadi keseimbangan antara kehidupan di rumah, di luar kuliah dan kuliah. Sehingga sobat bisa melakukan hal yang terbaik supaya dapat mewujudkan pola hidup disiplin dan tidak terlambat masuk kelas.

Lalu hal apa saja yang dapat dilakukan untuk mewujudkannya? Berikut kami ulas tips manajemen waktu yang tepat untuk mahasiswa.

1. Niat Dan Tujuan

Semua diawali dari niat dan tujuan, sob. Niat berarti keinginan dalam melakukan suatu perbuatan, tanpa niat maka kegiatan yang akan kita lakukan tidak akan pernah terjadi.

BACA JUGA:   Pengertian Skripsi Menurut Wikipedia Indonesia

Tujuan melakukan kegiatan harus jelas agar tahu arah atau jalan mana yang akan diambil. Tujuan juga sebagai motivasi untuk terus berjuang, supaya saat melakukan kegiatan gak mandek di tengah jalan.

Contohnya, sobat ingin merubah pola hidup supaya bisa on time dan gak terlambat masuk kelas. Ingin merubah pola hidup itu termasuk niat dengan tujuan supaya gak terlambat masuk kelas.

2. Buat Agenda Kegiatan Harian

Langkah berikutnya untuk memperbaiki manajemen waktu adalah menuliskan semua hal yang perlu dilakukan dalam buku agenda kegiatan harian.

Agenda kegiatan harian dapat membuat sobat lebih baik dalam mengelola waktu dan juga tahu tujuan apa yang harus dicapai.

Buat agenda kegiatan harian lalu urutkan prioritas kegiatan mulai dari yang harus dilakukan sejak bangun tidur hingga tidur kembali.

Tandai kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan rumah, kegiatan kuliah, dan organisasi. Sehingga dapat dipahami dengan mudah agenda kegiatan yang dibuat.

Agenda kegiatan yang jelas dan mudah dipahami pasti sangat membantu anda dalam mengelola waktu.

3. Tentukan Deadline Agenda Kegiatan Harian

Setelah membuat agenda kegiatan, tentukan juga deadline (batas waktu atau target) dari kegiatan yang telah dibuat. Hal ini bertujuan untuk mengukur pencapaian dan berhasil atau tidaknya sobat dalam menyelesaikan sebuah kegiatan.

Hal ini juga bermanfaat untuk melatih disiplin terhadap waktu yang telah ditentukan sendiri. Bukan hanya deadline dari agenda kegiatan harian, tapi buat juga deadline kapan sobat harus menyelesaikan kuliah.

Tidak ada waktu bagi sobat untuk datang terlambat masuk kelas yang dapat mengurangi prosentasi kehadiran. Prosentase kehadiran adalah salah satu faktor yang dapat menghambat sobat untuk segera lulus kuliah.



4. Bangun Lebih Awal

Jadikan bangun lebih awal di pagi hari sebagai rutinitas harian, maka tidak akan sulit dilakukan walaupun tidak setiap hari ada kuliah pagi.

BACA JUGA:   Begini Langkah Cepat & Mudah Selesaikan Skripsi Tanpa Pusing

Bangun pagi selain dapat menjaga kesehatan karena udara yang kaya oksigen di pagi hari, juga membuat kondisi tubuh selalu segar dan fit. Kondisi tubuh sehat dapat mendukung sobat dalam melakukan agenda kegiatan yang dibuat.

Agenda kegiatan bangun lebih awal di pagi hari dan deadline waktu bangun telah ditentukan, tapi sobat masih sulit bangun pagi.

Ada cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan memasang alarm jam di handphone. Tidak begadang sampai dini hari untuk mengerjakan tugas atau hanya sekedar main game & nonton drakor yang bikin sobat bangun kesiangan.

5. Hindari Menunda Kegiatan

Sering menunda tugas dan kegiatan merupakan kebiasaan buruk. Beberapa orang menyadari tentang menunda waktu yang dilakukannya.

Efek buruk dari menunda waktu dapat menyebabkan sobat kehilangan peluang baik, dan stres karena kekecewaan, kesedihan, dan penyesalan yang mendalam.

Menunda waktu dapat membuat tugas kuliah jadi menumpuk, saat mendekati deadline tidak tahu mana yang harus dikerjakan karena sudah lama jadi lupa.

Menunda mengerjakan skripsi juga dapat menyebabkan sobat semakin lama lulus kuliah.

Agenda kegiatan walau sudah dibuat, tapi kalau sobat menunda mengerjakannya maka akan jadi hal yang sia-sia. Kerjakan saat ini juga, jangan katakan nanti atau besok.

Dengan mengetahui penyebab dari masalah sering menunda waktu, maka sobat dapat menentukan strategi yang tepat untuk mengatasi kebiasaan buruk ini.

6. Belajar Di Waktu Luang

Isi waktu luangmu dengan belajar hal ini sangat bermanfaat karena menjelang ujian sobat hanya perlu mengulang materi yang telah dipelajari sebelumnya. Seringnya mahasiswa menggunakan metode belajar sistem kebut semalam (SKS) hanya membuat sobat lelah karena bergadang, bangun kesiangan, mengantuk saat mengerjakan soal ujian, sampai nilai ujian tidak maksimal.

7. Evaluasi Diri Dan Evaluasi Agenda Kegiatan

Kalaupun agenda kegiatan telah dibuat namun tidak terselesaikan sesuai deadline yang telah ditentukan. Sobat tidak perlu stres, evaluasi diri terkait penyebab kegiatan tidak dapat terselesaikan.

BACA JUGA:   Cara Membuat Proposal Skripsi Lengkap Beserta Contohnya

Apakah karena malas lebih menguasai dibandingkan motivasi, apakah karena kurangnya waktu sobat dibandingkan banyaknya tugas atau kegiatan. Apakah karena memang kebiasaan menunda waktu yang sulit diperbaiki?

Nah, setelah itu evaluasi agenda kegiatan, apakah sudah sesuai urutan prioritas kegiatan yang harus dikerjakan dan tenggat waktu selesainya?

Evaluasi diri dan evaluasi agenda kegiatan penting demi kebaikan sobat karena melatih sobat untuk hidup lebih teratur dan disiplin.

8. Biasakan Merapikan Meja Belajar

Mungkin sobat pernah sibuk mencari buku kuliah atau handout saat akan berangkat kuliah. Mencari-cari karena lupa meletakkannya hanya akan membuat sobat terlambat datang ke kampus.

Biasakan untuk merapikan meja belajar atau ruangan. Memasukkan handout, tugas yang sudah dikerjakan dan perlengkapan kuliah ke dalam tas atau hand bag yang akan dibawa besok.

Sehingga ketika bangun di pagi hari sobat tidak perlu khawatir dan susah mencari handout, tugas. Sobat tinggal mengecek ulang apakah ada yang belum dimasukkan ke dalam tas atau hand bag.

Hal ini harus dibiasakan sejak sobat masih duduk di bangku sekolah, kebiasaan baik akan terus dibawa di mana saja kita berada. Tinggalkan kebiasaan membiarkan meja belajar atau ruangan dalam kondisi berantakan.

9. Berdoa

Selalu sob, dalam melakukan hal apapun selain dimulai dari niat yang tulus juga harus diakhiri dengan berdoa kepada Sang Pencipta.

Berdoa ini dilakukan terus menerus, dan harus yakin kalau sobat bisa memperbaiki diri untuk bisa on time masuk kelas dan gak terlambat masuk kelas.

Oke, sob.. itu tadi beberapa point yang kami ulas mengenai 7 tips manajemen waktu yang tepat untuk mahasiswa supaya sobat nantinya bisa sukses.

Nobita aja bisa berubah, sobat mahasiswa juga pasti bisa berubah lebih baik dari Nobita ya tentunya. Terima kasih sudah membaca 7 tips manajemen waktu yang tepat untuk mahasiswa.