Home / Kampus / Prospek dan Peluang Kerja Mahasiswa Jurusan Farmasi

Prospek dan Peluang Kerja Mahasiswa Jurusan Farmasi

Prospek dan Peluang Kerja Jurusan Farmasi – Farmasi adalah salah satu bidang profesional kesehatan yang memiliki kombinasi antara ilmu kesehatan dan ilmu kimia.

Dan tanggungjawabnya memastikan efektivitas serta keamanan penggunaan obat.

Dalam perkuliahan, jurusan farmasi terkait dengan ilmu kedokteran dan kimia, farmasi berfokus kepada obat-obatan yang berguna menyembuhkan pasien.

Jurusan farmasi mempelajari mulai dari pembuatan obat, nasib obat dalam tubuh, ramuan tradisional, farmasetika, pelayanan obat untuk pasien termasuk menjelaskan pada pasien tentang indikasi, efek samping dan tata cara penggunaan obat secara benar.

Lulusan farmasi mendapatkan gelar Amd.Far untuk D3, gelar Sarjana Farmasi (S.Farm) untuk lulusan S1 serta penambahan gelar profesi Apoteker (Apt).

 

PROSPEK KERJA LULUSAN FARMASI

Lulusan farmasi merupakan salah satu lulusan yang memiliki prospek cerah apalagi bila lulusan yang berprestasi dan berkarakter baik.

Menurut lembaga HESA di Inggris, 94% lulusan yang berkaitan dengan farmasi dan obat-obatan mendapatkan pekerjaan.

Lulusan farmasi bisa bekerja diantaranya ditempat-tempat berikut ini:



  1. Instansi pemerintahan seperti Dinas Kesehatan, Departemen Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan.
    Bisa juga bekerja dibagian administrasi obat di instansi pemerintah/TNI/POLRI.
  2. Instansi kesehatan.
    Lulusan farmasi pasti dibutuhkan dalam instansi kesehatan seperti rumah sakit, apotek, Puskesmas dan bisa juga sebagai pengembang, apoteker, pengamat, pengolah, dan peracik obat.
  3. Industri bidang kesehatan.
    Di Indonesia banyak industri/perusahaan yang bergerak dibidang kesehatan dan memproduksi obat-obatan dan tentu saja alumni jurusan farmasi sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan tersebut.
  4. Instansi peneliti.
    Lulusan farmasi bisa juga bekerja dibidang penelitian untuk menemukan sesuatu yang baru dalam bidang kesehatan. Pemerintah atau swasta sangat membutuhkan lulusan farmasi dalam hal ini.

 

MODAL UTAMA KULIAH FARMASI

Bagi lulusan SMA ingin mengambil jurusan farmasi maka kemampuan menganalisa sangat diutamakan, dan paling cocok untuk orang yang memiliki kecenderungan menggunakan otak kirinya.

BACA JUGA:   6 Hal Yang Menghancurkan Produktivitas Belajar Mahasiswa

Keberhasilan dalam pendidikan harus dirancang sedini mungkin, oleh sebab itu jangan salah pilih jurusan di SMA atau SMK.

Dan sebelum sobat lulusan SMA/SMK memutuskan untuk memilih sebuah jurusan kuliah, pastikan bahwa itu jurusan yang tepat yah..

Jangan sampai sobat BedahKampus salah pilih jurusan sehingga tidak berprestasi dibidang yang dipilih.

Memilih jurusan yang tepat sangat berpengaruh pada masa depan, maka cobalah menelaah kembali jurusan yang akan dimasuki.