Home / Artikel / Inilah 5 Penyebab Galau Skripsi Para Pejuang Skripsi

Inilah 5 Penyebab Galau Skripsi Para Pejuang Skripsi

Pejuang skripsi mana yang gak galau pas lagi asik ngerjain skripsi ehh.. mendadak laptop mati karena lupa nyolokin kabel charger ke stop kontak, dan hasil revisi belum ke save. OMG, padahal besok udah bikin janji sama dosen buat bimbingan revisi.

Galau banget kan! Sampai sobat pegangin kepala dan ingin teriak, tapi gak jadi karena malu di dengar tetangga kost, kayak di sinetron gitu deh. Terus buru-buru bikin status di twitter dan dikasih hashtag #galauskripsi, biar seluruh dunia tau kalau sobat lagi galau level 30. Itu salah satu problem yang muncul gak terduga sebelumnya dan bisa bikin galau.

Ngomongin tentang galau, sobat tau gak arti sebenarnya dari kata galau? Kalau menurut kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):

galau/ga·lau/a,bergalau/ber·ga·lau/a sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak karuan (pikiran);

kegalauan/ke·ga·lau·an/n sifat (keadaan hal) galau

Dari KBBI tersebut dapat kita artikan galau sebagai suasana hati seseorang di mana pikirannya sedang kacau tidak karuan. Juga seseorang yang sedang kebingungan dalam menghadapi dan menyikapi sebuah problematika hidup.

Tingkat kegalauan yang dialami setiap orang berbeda-beda tergantung umur dan penyebab problematika yang menyertainya. Ada yang galau karena artis idolanya mendadak menikah, diputusin pacar, galau soal penampilan, dapat nilai ujian rendah padahal udah belajar ekstra, gagal masuk universitas impian, dipecat dari perusahaan tempat kerja, dan lain-lain.

Salah satu galaunya mahasiswa yaitu galau skripsi. Iya, galau skripsi yang sampai sekarang ini masih sangat booming dikalangan mahasiswa khususnya para pejuang skripsi. Padahal galau skripsi itu normal lho, secerdas apapun sobat pasti pernah mengalami galau saat skripsi.

BACA JUGA:   4 Pelajaran Penting Saat Sedang Mengerjakan Skripsi

Penyebab galau skripsinya para pejuang skripsi ini beragam, namun adakalanya mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang mengalami galau skripsi. Supaya sobat pejuang skripsi tahu apakah saat ini sobat sedang mengalami galau skripsi, berikut kita ulas satu-persatu penyebab galau skripsi.

1. Dosen Pembimbing

Ini nih penyebab utama mahasiswa tingkat akhir mengalami galau. Sejak awal datangnya skripsi dalam kehidupan mahasiswa, mulai bermunculan berbagai pertanyaan dan pernyataan tentang dosen pembimbing:

Friend gimana udah dapat dosen pembimbing? Aduh, iya.. mau dibimbing skripsi sama dosen pembimbing yang mana ya? Masih cap go ci..

Dosen A enak diajak komunikasi, tapi suka php sama jadwal.

Dosen B killer banget dah, Sobat harus patuh dengan jadwal bimbingan yang sudah dibuat doi dan harus punya persenjataan revisi yang lengkap buat bisa jawab pertanyaan doi pas bimbingan.

Dosen C menyebalkan dan sobat serba salah kalau permintaan doi gak diturutin, skripsi bakal lama kelarnya. Belum lagi doi pelupa, hari ini bimbingan minta A lusa minta B.

Dosen D sibuk, jadwalnya padat di dalam dan di luar kampus, kapan sobat bisa klop jadwal bimbingan dengan doi?



Iya nih, dosen E yang harus dibawain camilan kalau bimbingan di luar jam ngajar. Ini bukan nyogok, cuma dosennya tipe yangmoodnya kayak sinyal operator yang naik turun kalau lagi laper pas bimbingan. Sobat bisa koq.. bisa-bisa kolaps kantongnya..

Sebenarnya dapat dosen pembimbing seperti itu gak perlu digalauin, buktinya banyak alumni-alumni terdahulu yang dapat dosen pembimbing seperti di atas dan skripsinya bisa selesai. Kuncinya sobat harus banyakin sabar, berusaha meluluhkan hati dosen tersebut, dan terus berdoa supaya skripsi selesai tepat waktu.

2. Judul Skripsi Ditolak

Sobat sudah menyiapkan banyak judul skripsi, tapi dari sekian banyak judul yang diajukan semua ditolak oleh dosen pembimbing. Ada yang judulnya ditolak oleh bagian program studi, kemudian segera ganti judul dan diterima oleh prodi tapi pas ke dosen pembimbing malah ditolak.

BACA JUGA:   Tips Agar Kulit Sehat Bebas Jerawat Saat Kuliah

Wawh, gimana rasanya sob, kalau begitu pusing kan, galau bertubi-tubi. Padahal sudah dari semester yang lalu memilih dosen pembimbing dan menyiapkan judul skripsi. Tapi sobat masih mandek di judul skripsi sedangkan teman-teman sudah maju ke proposal penelitian.

Judul skripsi ditolak penyebabnya bisa karena judul skripsi sobat kurang menarik, atau karena judul skripsi memiliki topik yang sama dengan teman sobat.

3. Revisian Belum Di Save

Perasaan tadi sudah nyolokin kabel charger ke listrik, koq laptop mendadak mati terus ini nasibnya gimana revisian belum di save? Besok gimana konsulnya..?

Duh, sob.. kalau lagi ngerjain skripsi boleh sih serius, tapi jangan kebangetan sampai lupa nyolokin kabel charger ke stop kontak. Kebiasaan nih, udah nyolokin kabel ke Power DC Jack laptop, tapi lupa nyolokin ke stop kontak ya gak ngalir listriknya.

Kalau sudah begitu kan sobat harus ngetik ulang revisian, belum lagi dikejar waktu untuk konsul besok, jadi ga fokus karena galau bakal selesai atau gak sebelum matahari terbit.

4. LDR a.k.a Lelah Disiksa Revisi

Sobat pejuang skripsi pasti pernah kan melewati belasan kali revisi. Jangan bandingkan dengan teman sobat yang mudah sekali dapat tanda tangan acc dari dosen pembimbing. Itu tandanya dosen pembimbing masih sayang sama sobat, dan gak mau segera mengakhiri pertemuan dengan sobat.

Ya, biasanya dosen pembimbing ingin sobat mengerjakan skripsi supaya hasilnya sempurna. Hal ini seringkali dialami oleh pejuang skripsi yang mendapatkan dosen pembimbing yang killer.

5. Teman-Teman dan Adik Kelas Sudah Daftar Wisuda

Hancur hati abang dek melihat kalian udah mau pakai toga, sedangkan abang masih stagnan di skripsi. Itu sedikit kalimat yang bisa mewakili kegalauan hatisobat.

BACA JUGA:   Mengenal Cara Hidup Hemat Mahasiswa Kostan

Mungkin sobat yang lebih dulu bimbingan skripsi dibandingkan teman-teman atau adik kelas, tapi koq mereka bisa lebih dulu selesai? Bisa karena dosen pembimbing mereka ga sekiller dosen pembimbing sobat, jadi mereka dengan mudah dapat tanda tangan acc. Sedangkan sobat harus berjuang maksimal.

Sabar ya sob, akan tiba saatnya skripsi sobat selesai tepat waktu. Tetap semangat mengerjakan skripsi, dan jangan remehkan dosen pembimbing yang killer karena setelah skripsi sobat di acc artinya skripsi sobat sangat layak diuji. Yakin bahwa dosen killer sangat mengapresiasi usaha mahasiswanya dengan memberikan nilai A+.