Home / Materi Kuliah / Teknik Mesin / Mengenal Jenis-jenis Mata Bor Beserta Kegunaan dan Ciri-cirinya

Mengenal Jenis-jenis Mata Bor Beserta Kegunaan dan Ciri-cirinya

Berikut Jenis-jenis Mata Bor yang perlu anda ketahui dan kegunaanya. Bagi sobat BedahKampus yang sedang mencari informasi jenis-jenis mata bor akan kami ulas disini.

Dengan artikel Mengenal Jenis-jenis Mata Bor Beserta Kegunaan dan Ciri-cirinya semoga dapat memberikan solusi yang dicari, khususnya untuk materi kuliah.

Mata Bor Beton ( Mansory Drill Bit / Concrete Drill Bit )

Digunakan untuk pengeboran pada beton dan aneka batuan.

Ciri umum dari mata bor beton adalah ujung mata bor beton terdapat mata pisau tumpul, biasa terbuat dari bahan yang memiliki karakteristik sangat keras, karena penggunaan mata bor ini selain berputar juga memukul.

Mata bor beton dibedakan dari fungsi alat yang digunakan, biasa hanya berbeda di bagian pangkal, bentuk yang standar digunakan untuk unit bor beton biasa (impact drill / hammer drill) untuk bentuk yang khusus seperti SDS drill bit digunakan untuk unit SDS drill atau Demolition Drill.

 

Mata Bor Metal Standar

Digunakan untuk pengeboran aneka metal seperti plat besi, aluminium, kuningan, plastik, acrylic, dsb.
Mata bor metal masih dibedakan dari jenis material bahan, hanya saja yang umum dipasaran adalah HSS ( High Speed Steel )  atau HSS-Co ( Cobalt ) walaupun ada type khusus untuk material tertentu.

HSS-Co lebih keras daripada HSS biasa, sehingga dalam penggunaan lebih awet dan tentunya dari segi harga lebih mahal dari HSS biasa.

Mata bor besi standar berbentuk cylinder rata ( straight shank ) yang biasa digunakan pada unit bor tangan, bor duduk atau mesin-mesin metal processing lainnya, bentuk yang khusus hanya berbeda pada bagian pangkal, seperti kerucut ( taper shank ) digunakan sesuai dengan unit mesin bor atau mesin metal processing lainnya.

BACA JUGA:   Materi Kuliah Teknik Mesin: Material dan Sifat Tekniknya

 

Mata Bor Besi Khusus

Mirip dengan mata bor metal standar hanya saja arah putaran berlawanan jarum jam.

Mata bor bertingkat dengan dua ukuran diameter.

Mata bor bertingkat dengan sudut kemiringan, berfungsi untuk centering, biasa digunakan pada mesin bubut ( lathe machine )

Mata bor sudut, digunakan untuk menghilangkan ketajaman / merapikan tepi lubang hasil pengeboran.
Berfungsi sama dengan countersink bit.

 

Mata Bor Kayu – Standar

Digunakan untuk pengeboran pada aneka jenis kayu, plastik, acrylic, atau material lunak lainnya.

Ciri umum pada mata bor kayu standar terletak pada ujungnya yang memiliki bentuk runcing dibagian tengahnya, beralur dua ( two flute ) dan memiliki alur lebih lebar daripada mata bor besi.

Yang umum dipasaran adalah model standar dengan bahan HSS yang digunakan untuk unit bor tangan, untuk jenis lain yang digunakan pada mesin-mesin perkayuan, perbedaan hanya ada pada bagian pangkal dari mata bor, walaupun ada juga type yang berujung tungsten tip.

Biasa digunakan dengan putaran mesin ( rpm ) yang tinggi.

 

Mata Bor Kayu – Auger Bit

Digunakan untuk pengeboran pada aneka jenis kayu atau material lunak lainnya.

Diameter ukuran lebih besar daripada mata bor kayu standar. Berbentuk ulir tunggal ( single flute )

Biasa digunakan dengan putaran mesin ( rpm ) rendah.

 

Mata Bor Kayu – Flat Bit

Digunakan untuk pengeboran pada aneka jenis kayu atau material lunak lainnya.

Diameter ukuran lebih besar daripada mata bor kayu standar. Berbentuk pipih rata ( flat )

Selain type satu flat bit satu ukuran diameter ada juga type adjustable flat bit, yaitu satu flat bit dapat digunakan untuk berbagai ukuran.

Biasa digunakan menggunakan bor tangan manual dengan putaran ( rpm ) yang sangat rendah, tidak disarankan menggunakan bor tangan / bor listrik.

BACA JUGA:   Jenis Mesin Perbengkelan Pada Jurusan Teknik Mesin

Mata Bor Kayu – Forstner Bit – Hinge Borring Bit

Digunakan untuk membuat lubang pada kayu, plastik, acrylic atau material lunak lainnya, dengan diameter tertentu, biasa untuk ukuran diameter yang cukup besar, dimana sudah tidak tersedia ukuran diameter mata bor kayu standar.

Dapat digunakan untuk membuat lubang cekung dan lubang tembus.

Sisa ( wise ) dari hasil proses pelubangan menggunakan forstner bit / hinge borring bit  berupa material debu, tidak seperti sisa proses hole saw.

Biasa digunakan dengan putaran mesin ( rpm ) yang tinggi sampai sangat tinggi.

 

Mata Bor Kayu Khusus

  • Digunakan untuk membuat lubang berbentuk kotak pada kayu.
  • Digunakan pada mesin Hollow Chisel Mortiser.
  • Digunakan untuk membuat lubang geser pada kayu.
  • Digunakan pada mesin Mortising.
  • Digunakan untuk membuat aneka bentuk profile pada kayu atau material lunak lainnya.
  • Digunakan pada mesin Router atau Trimmer.

 

Mata Bor Kaca

Untuk melubangi kaca, bentuk seperti tombak sehingga sering disebut mata bor tombak.
Mata Bor Kaca Tombak

 

Hole Saw Metal

Digunakan untuk membuat lubang pada metal dengan diameter tertentu, biasa untuk ukuran diameter yang cukup besar.

Jenis dari hole saw metal biasa dari jenis bahan pembuatnya, seperti HSS atau tungsten tip, untuk penggunaan ke plat tipis dan besi lunak biasa digunakan jenis Bi-metal hole saw.

Sisa ( wise ) dari hasil proses pelubangan menggunakan hole saw masih berupa material solid yang tertingal pada bagian dalam hole saw.

 

Hole Saw Kayu

Digunakan untuk membuat lubang pada kayu, plastik, acrylic atau material lunak lainnya. dengan diameter tertentu, biasa untuk ukuran diameter yang cukup besar, dimana sudah tidak tersedia ukuran diameter mata bor kayu standar.

BACA JUGA:   Pengertian dan Klasifikasi Materi Polimer

Kekurangan dari hole saw adalah pada keterbatasan ketebalan, dan cocok digunakan untuk fungsi membuat lubang, tidak dapat digunakan untuk membuat lubang cekung.

Sisa ( wise ) dari hasil proses pelubangan menggunakan hole saw masih berupa material solid yang tertingal pada bagian dalam hole saw.

 

Core Drill Bit

Mirip dengan hole saw hanya saja digunakan untuk membuat lubang pada beton, dinding, marmer, granit, atau aneka jenis batuan lainnya, dengan diameter tertentu, biasa untuk ukuran diameter yang cukup besar.

Untuk setiap type core drill bit bentuk hampir sama, hanya saja biasa dibedakan menurut aplikasi benda kerja, type untuk melubangi dinding lain dengan type untuk melubangi granit, dan seterusnya.

 

Diamond Drill Bit / Diamond Core Bit

Mirip dengan hole saw hanya saja digunakan untuk membuat lubang pada kaca, keramik lantai, marmer atau granit  dengan diameter tertentu, biasa untuk ukuran diameter yang cukup besar, sering disebut dengan hole saw kaca.