Home / Materi Kuliah / Psikologi / 10 Alasan Mengapa Memilih Kuliah Jurusan Psikologi

10 Alasan Mengapa Memilih Kuliah Jurusan Psikologi

Mengapa Sobat BedahKampus Patut Bersyukur Jika Memilih Kuliah Jurusan Psikologi? Disini akan kita bahas 10 Alasannya.

Jurusan Psikologi saat ini cukup banyak di minati oleh para pelajar di indonesia.

Jurusan yang memiliki fokus terhadap perilaku manusia ini pun semakin menjadi favorit, terlebih dengan adanya televisi yang mengekspose profesi para bintang tamu di layar kaca.

Meski demikian tentunya sobat BedahKampus yang telah memilih jurusan psikologi memiliki motivasi pribadi mengapa memilih jurusan tersebut.

Inilah beberapa alasan utama mengapa harus bangga dan bersyukur memilih jurusan psikologi.

 

Berikut ini adalah 10 Alasan Memilih Jurusan Psikologi

1. Banyak Pilihan Karir

Gelar sarjana jurusan psikologi, akan dapat membuka pintu karir yang beraneka ragam. Hal tersebut dikarenakan psikologi sangat relevan digunakan di semua jenis disiplin lini pekerjaan.

Bagi yang masuk di jurusan psikologi maka, hal ini adalah angin segar.

Sobat dapat memasuki jenjang karir di pendidikan, industri, konsultan psikologi, sosial, hingga berwirausaha.

Di jenjang pendidikan, lulusan Jurusan Psikologi mampu masuk di bagian konseling para siswa, atau konsultan pendidikan untuk mengembangkan minat dan bakat para siswanya.

Di bidang industri kita dapat masuk di bagian HRD, di bidang sosial juga dapat menjadi seorang pendamping di beberapa panti sosial anak, remaja, wanita, hingga lansia.

Sedangkan bagi sobat yang menginginkan berwirausaha, dapat menggunakan ilmu ini, dikarenakan ilmu psikologi banyak mempelajari perilaku manusia.

Sehingga aplikasi ilmu yang telah di pelajari juga banyak berfungsi manakala menentukan target pasar barang atau jasa yang ditawarkan nantinya.

 

2. Banyak Mempelajari Diri Sendiri

Psikologi adalah suatu disiplin ilmu yang banyak mempelajari manusia sebagai seorang individu.

Oleh karenanya dengan mempelajari ilmu psikologi, maka kita juga secara tak langsung mempelajari dirinya sendiri.

BACA JUGA:   14 Mata Kuliah Utama Mahasiswa Jurusan Psikologi

Sebagai mana yang telah di ajarkan oleh para motivator, bahwa mengenal diri sendiri adalah kunci kesuksesan di masa yang akan datang.

Jadi masuk di jurusan psikologi secara tak langsung, berarti telah merencanakan untuk sukses di masa yang akan datang.

 

3. Peluang Dan Prospek Kerja Bagus

Bagian HRD (Human Resources Devlopment) saat ini banyak yang berasal dari lulusan psikologi. Kabar gembiranya adalah, hampir seluruh perusahaan saat ini membutuhkan seorang HRD.

Baik itu lingkup perusahaan besar ataupun kecil, baik itu swasta maupun pemerintah, semuanya membutuhkan seorang HRD di perusahaannya.

Selain itu, peluang kerja untuk lulusan psikologi juga masih terbuka di bidang pendidikan. Telah diketahui bahwa, saat ini sekolah yang maju di indonesia membutuhkan banyak sekali tenaga psikologi untuk bekerja di sekolahnya.

Baik itu swasta maupun negeri. Biasanya, para lulusan psikologi saat ini di masukans menjadi tenaga konseling di sekolahnya.

Selain itu para lulusan psikologi pun dapat berkarir di bidang akademik dan penelitian. Khusus untuk bidang akademik menjadi seorang dosen, lulusan psikologi di anjurkan untuk melanjutkan S2 terlebih dahulu.

Namun bagi mereka yang menginginkan untuk menjadi peneliti, untuk lulusan s1 pun juga bisa.

 

4. Menyenangkan

Bekerja di bidang psikologi relatif lebih dihargai oleh orang lain.

Di bidang psikologi ini pula terkadang kita dihadapkan pada hal-hal yang menantang namun tetap menyenangkan.

Salah satu contohnya adalah, tuntutan untuk menghadapi keluhan dari orang lain yang meminta untuk mendengarkan curhatan mereka, dan lain sebagainya.

 

5. Mengubah Kehidupan Masyarakat

Dengan gelar sebagai seorang sarjana psikologi nantinya, kita dapat membantu orang lebih banyak.

Hal itu disebabkan oleh kaitan jurusan psikologi seperti pada konseling dan psikoterapi, klien yang memang membutuhkannya.

BACA JUGA:   Ada Berapakah Cabang Ilmu Psikologi ?

Mereka yang datang kepada para psikolog dengan beragam keluhan yang menyertainya, akan sedikit demi sedikit merasa tertolong setelah melakukan sesi konseling, ataupun psikoterapi.

 

6. Belajar Mengolah Data

Jika orang-orang beranggapan bahwa belajar psikologi adalah, hanya teori dan cuma bisa membaca teori dan membaca karakter orang lain, maka itu pendapat yang keliru.

Dalam dunia psikologi pun kita dituntut untuk menghitung dan mengolah data.

Namun menghitung di dalam dunia psikologi tidaklah serumit seperti belajar matematika seperti jurusan lainnya. kita belajar untuk mengolah data yang berkaitan dengan penelitian di dalamnya.

Contoh dari pengolahan data dalam jurusan psikologi diantaranya adalah Pengukuran Skala Psikologi, Psikometrik, Eksperimen, dan lain sebagainya. di dalam penghitungan psikologi kita tak akan bosan, karena kita tidak akan belajar secara monoton teori dengan simbol-simbol tertentu saja.

Namun kita dituntut pula untuk selalu berinteraksi dengan orang lain sebelum melakukan olah data.

 

7. Bagus Untuk Jenjang Lanjutan (Pasca Sarjana)

Bagi yang berminat untuk menjadi seorang psikolog, maka langkah terbaik yang harus di lakukan adalah mengambil keprofesian psikolog.

Dengan mengambil jenjang lanjutan di jurusan psikologi, kita akan memperoleh gelar psikolog di akhir gelar master.

Gelar psikolog ini merupakan sebuah lisensi yang dikeluarkan oleh universitas tempat kita belajar, yang mana nantinya gelar tersebut sangat beragam, tergantung konsentrasi kefokusan yang kita ambil.

Fokusan tersebut antara lain, klinis, pendidikan, dan industri.

 

8. Bidang Spesialisasi

Banyak dari kita yang betanya pada diri sendiri, apakan sebenarnya bakat ataupun potensi yang ada dalam diri untuk nantinya dikembangkan.

Namun banyak pula yang setelah mengetahuinya, justru tak ingin untuk mengembangkannya. Dalam jurusan psikologi ini, sobat akan di arahkan pada spesialisasi dan pengembangan yang dapat dilakukan untuk kedepannya nanti.

BACA JUGA:   Ada Berapakah Cabang Ilmu Psikologi ?

Dan pada akhirnya kita pun akan mendapatkan kesuksesan yang sangat besar.

 

9. Nilai Tambah Di Tempat Kerja

Biasanya para mahasiswa, ataupun lulusan di jurusan psikologi akan lebih mudah untuk menyesuaikan dengan lingkungan sekitar.

Hal tersebut dikarenakan kebiasaan para mahasiswa psikologi yang dituntut untuk selalu melakukan interaksi dengan orang lain di sekitarnya.

Tak Cuma itu saja kemampuan para mahasiswa psikologi yang memiliki nilai tambah dalam membaca situasi dan karakter individu, banyak yang membuat terkesan orang lain di luar bidang psikologi, termasuk atsan atempat bekerja yang akan lebih interest untuk mengulik kepribadian kita.

 

10. Urusan Cinta

Tak hanya di bidang pekerjaan yang membuat kita memiliki nilai plus dibandingkan dengan jurusan lainnya.

Bagi para mahasiswa psikologi, pasti kerap menemukan orang yang secara tiba-tiba menanyakan karakternya, begitu tau sobat adalah mahasiswa psikologi.

Setelah orang tersebut menanyakan dan sukses sobat jawab maka orang di belakang yang melihatnya akan berbondong-bondong mendekati untuk menanyakan hal yang serupa pula.

Dari momen tersebut, tak jarang para wanita ataupun pria pun akhirnya jatuh hati pada sobat yang di mulai dengan komunikasi untuk menanyakan karakter ataupun kehidupan pribadinya secara intens.

 

Well, itulah sepuluh alasan mengapa sobat BedahKampus harus bangga dan bersyukur Memilih Kuliah Jurusan Psikologi.

Lagipula pada dasarnya setiap jurusan memiliki persamaan tujuan yaitu menjadikan kita manusia yang lebih baik dan dapat berkarya untuk membangun kehidupan yang lebih berkualitas.