Home / Artikel / 7 Manfaat Menyusun Skripsi Bagi Pejuang Skripsi

7 Manfaat Menyusun Skripsi Bagi Pejuang Skripsi

Halo sobat pejuang skripsi, apa kabar skripsi kalian? Semoga selalu lancar jaya. Walaupun ada aja hambatan yang datang menerpa saat sedang mengerjakan skripsi, pokoknya sobat harus tahan banting dalam menghadapinya.

Skripsi itu hanya satu dari banyaknya ujian hidup yang terjadinya di dunia perkuliahan, untuk kenaikan satu tingkat lebih tinggi ke jenjang berikutnya.

Kalau sobat mulai down dan malas-malasan mengerjakan skripsi, coba di flashback lagi prestasi apa saja yang sudah sobat raih sebelumnya melalui ujian yang menurut sobat paling berat saat itu.

Misalnya sobat mampu menyelesaikan pendidikan SD sampai SMA, dalam prosesnya sobat harus bangun pagi untuk sekolah, ulangan harian sampai ujian akhir nasional. Hingga akhirnya sobat lulus seleksi masuk perguruan tinggi dan menjadi salah satu orang pilihan yang diterima kuliah di fakultas sobat, kemudian menjalaninya sampai di semester akhir ini.

Tanpa sobat sadari itu sudah merupakan prestasi lho, di mana sobat mampu melalui semua ujian tersebut. Artinya sobat juga mampu melalui ujian di akhir perkuliahan yaitu skripsi.

Oke sob, itu sedikit ramuan yang semoga bisa menambah semangat sobat untuk mengerjakan skripsi. Skripsi yang gak ada habisnya dibahas oleh mahasiswa dan selalu diwarnai hal-hal yang menarik. Perjuangan mahasiswa mulai dari menentukan topik skripsi, ngumpulin bahan referensi, antri konsul ke dosen pembimbing yang akhirnya gak jadi konsul, sampai revisi ditolak dosen.

Untuk apa nyusun skripsi? Kalau sobat salah satu mahasiswa yang bingung kenapa harus menyusun skripsi, dan mulai mencari orang untuk menyusun skripsi, pikir lagi bahwa membuat skripsi gak serumit yang sobat pikirkan.

Karena ada 7 manfaat menyusun skripsi bagi pejuang skripsi, jika sobat sendiri yang membuatnya. Mau tau? Simak nih ulasannya.

BACA JUGA:   Tips Agar Kulit Sehat Bebas Jerawat Saat Kuliah

1. Melatih Fokus Dan Konsentrasi

Skripsi melatih fokus dan konsentrasi, coba deh diingat pas lagi kuliah di kelas dan merasa bosan dengar ceramah dosen biasanya apa yang sobat lakukan? Mulai gak fokus dan gak konsentrasi sambil main hp, ngobrol dengan teman pake kertas, atau pura-pura baca buku sambil menundukkan kepala ke bawah padahal tidur.

Bandingkan saat sobat sedang konsul skripsi yang ternyata dosen pembimbing sobat adalah dosen yang membosankan saat ceramah di kelas. Sobat berhadapan dengan beliau dan serius mendengarkan sambil mencatat apa yang perlu direvisi dari skripsi sobat.

Terutama saat sobat sedang mengetik isi skripsi atau membaca buku referensi di perpustakaan sampai sobat gak tau kalau pengunjung sudah sepi dan perpustakaan segera tutup.

2. Melatih Cara Pandang Dan Pola Pikir

Cara memandang sebuah masalah dan cara pikir yang terpola untuk menemukan jawabannya, karena di dalam skripsi sobat membuktikan ulang dari berbagai teori yang sudah terbukti sebelumnya. Di sinilah sobat di asah dalam membuktikan kemampuan sebagai mahasiswa untuk berpikir kritis menghadapi sebuah masalah.



3. Melatih Tanggung Jawab

Sob, menjadi mahasiswa kalian punya tugas dan tanggung jawab untuk menyelesaikan skripsi jadi tidak hanya tanggung jawab nilai saja. Sebuah pertanyaan yang perlu sobat renungkan juga “apa yang membedakan sobat saat ini dan nanti setelah lulus kuliah?” Jika jawabannya “tidak ada bedanya atau sama saja”, lalu untuk apa sobat menyelesaikan kuliah?

Apakah hanya untuk membuang waktu yang sangat berharga dan menghambur-hamburkan uang? Jika jawabannya klasik supaya orang tua bahagia. Kelak jika sobat selesai kuliah maka menjadi semu kebahagiaan orang tua.

4. Menghargai Waktu

“Waktu ibarat pedang jika engkau tidak menebasnya maka ialah yang menebasmu. Dan jiwamu jika tak kau sibukkan dengan kebenaran maka ia akan menyibukkanmu dalam kebatilan.” Imam Syafi’i

Kalimat tersebut menunjukkan betapa pentingnya kita manusia mengelola waktu yang dimiliki. Buat jadwal yang rapi tentang apa saja yang harus dilakukan hari ini dan akan dilakukan besok, agar skripsi lancar. Juga taatilah jadwal yang sudah dibuat jangan menunda-nunda untuk mengerjakan skripsimu, sob.

BACA JUGA:   Manfaat Mengisi Waktu Libur Semester Dengan Magang

5. Melatih Kemampuan Microsoft Office

Jika selama ini kamu sering minta bantuan pacar atau teman untuk mengetik tugas kuliahmu, dengan mengetik sendiri skripsimu kamu melatih kemampuan mengetik sepuluh jari. Selain itu sob, kalau selama ini kamu gak tau apa itu margin, insert tabel, dan istilah lainnya. Mengetik isi skripsi di Ms word dan excel membuat sobat terbiasa dengan istilah-istilah tersebut.

6. Akrab Dengan Dosen

Selama ini mungkin sobat takut ketika harus bertemu dengan dosen, dengan adanya proses penyusunan skripsi akan memaksa sobat untuk bertatap muka dengan dosen.

Seringnya berkomunikasi dengan dosen saat konsultasi skripsi sampai lulus kuliah, juga dapat menciptakan peluang buat kamu, sob.

Mungkin saja dosen pembimbingmu punya link dari banyak instansi atau perusahaan yang dapat memberikan kamu peluang untuk diterima bekerja di sana.

7. Memiliki Porsi Lebih Saat Melamar Pekerjaan

Memang skripsi bukanlah hal yang menentukan seseorang dapat diterima bekerja, namun berdasarkan pengalaman para jobseekers saat wawancara lamaran pekerjaan tidak sedikit Instansi atau perusahaan swasta yang menanyakan judul skripsi saat masih kuliah S1, dan diminta untuk memaparkan secara umum isi skripsi, dan manfaatnya dengan posisi pekerjaan yang di lamar.

Tidak hanya itu, jika sobat melamar sebagai calon pegawai negeri sipil untuk tes kemampuan bidang wawancara oleh user selalu diselipkan pertanyaan mengenai skripsi, metode penelitian yang digunakan, isi skripsi dan kaitannya dengan lembaga atau instansi pemerintahan yang di lamar.

Itulah ulasan mengenai manfaat menyusun skripsi bagi pejuang skripsi, semoga bermanfaat bagi sobat pejuang skripsi. Hidup pejuang skripsi!