Home / Artikel / Kuliah Sambil Menahan Kencing? Begini Bahayanya Bagi Ginjal

Kuliah Sambil Menahan Kencing? Begini Bahayanya Bagi Ginjal

Di dalam rutinitas kuliah yang padat, mungkin kita sering kali menahan kencing. Hal tersebut sebaiknya jangan terlalu untuk dibiasakan karena menahan kencing dapat mengakibatkan infeksi pada saluran kemih bahkan infeksi ginjal, batu ginjal serta gagal ginjal.

Memang jika sekali ataupun dua kali dalam menahan kencing masih terasa biasa, namun jika kita tahan secara terus-terusan maka air kencing yang seharusnya bisa secepatnya keluar justru kembali masuk menuju ginjal.

Sehingga hal tersebut bisa mengakibatkan infeksi ginjal bahkan gagal ginjal karena urin memiliki kandungan bakteri yang bahaya.

Kandungan bakteri yang menyebabkan infeksinya saluran kencing tersebut ialah bakteri yang asalnya dari anus yang bebas pindah menuju uretra.

Dalam kondisi tersebut yang lebih rentan terkena infeksi saluran kemih/kencing ialah wanita sebab secara anatomi uretranya wanita lebih pendek daripada laki-laki.

Oleh karena itu wanita seharusnya harus selalu menjaga dengan baik organ kewanitaannya sebab kalau tidak dijaga dengan baik akan mengakibatkan suburnya lahan kuman atau bakteri.

Jika kondisi kandungan kemih kita sehat akan bisa menjaga saluran kencing kita dengan baik untuk mengeluarkan air urin dengan teratur dan akhirnya terbebas dari bakteri ganas pada urin.

Jika kita menahan kencing cukup lama maka air urin yang akan dikeluarkan menjadi sedikit bahkan pada saat mengeluarkan air urin itu rasanya terasa nyeri. Biasanya disebut dengan sebutan anyang-anyangan.

Ciri-ciri seseorang yang mengalami permasalahan, dimana seseorang itu merasa tidak nyaman ketika kencing atau ketika aliran kencing sangat lemah.

Hal tersebut bisa saja terjadi dikarenakan seseorang itu mengalami kerusakan pada ginjalnya ataupun bisa saja kerusakan pada syaraf akibat dari diabetes. Sebenarnya kencing sebanyak hingga lima kali bahkan sampai kencing enam kali dalam satu hari merupakan keadaan yang dibilang normal.

BACA JUGA:   Cara Membuat Proposal Skripsi Lengkap Beserta Contohnya

Tetapi jika seseorang ketika kencing dalam sehari melebihi sebanyak delapan kali, maka kondisi tersebut tidaklah normal.



Jika kandung kemih berfungsi secara normal maka frekuensi kencing bisa dilakukan dalam tiga hingga empat jam sekali. Mengurangi konsumsi minum air tidak diperbolehkan karena demi menghindari seringnya ke toilet.

Mengkonsumsi air yang banyak sangat berperan penting dalam tubuh kita agar terhindar dari dehidrasi bahkan dengan minum itu bisa mengurangi terkenanya dampak infeksi serta bisa membersihkan ginjal.

Dari anjuran dokter dalam sehari dinjurkan untuk minum minimal delapan kali. Sehingga jangan pernah mengurangi minum.

Kebiasaan menahan buang air kecil biasanya dilakukan ketika di perjalanan atau saat mengemudi. Hal tersebut tentunya sangat mengundang bahaya sebab menahan kencing mempunyai efek-efek yang sama ketika seseorang tersebut keracunan- alkohol atau juga di ibaratkan tidak tidur hingga 24 jam.

Nah, dengan demikian sebelum bepergian jangan segan untuk kencing terlebih dahulu atau bahkan ketika dalam perjalanan sempatkanlah untuk kencing jika terasa ingin kencing.

Berikut ini dampak menahan kencing akan mengakibatkan beberapa penyakit yakni :

  1. Gagal ginjal
    Jika kebiasan buruk menahan kencing secara teratur dilakukan maka akan berakibat buruk pada kesehatan ginjal.Dimana menahan kencing berarti akan semakin kuat tekanan terhadap ginjal bahkan berakibat pada produksi ginjal yang semakin menurun akhirnya bengkak. Sehingga ginjal tidak akan berfungsi dengan normal akhirnya terjadilah gagal ginjal.
  2. Batu ginjal
    Seringnya seseorang menahan untuk buang air-kecil juga bisa mengakibatkan timbulnya gejala batu ginjal. Dimana batu ginjal itu merupakan sisa-sisa kotoran yang secepatnya harus dibuang lewat urin.Jika segera tidak dikeluarkan lewat urin maka kandungan garam serta sisa-sisa mineral yang lainnya juga bisa menggumpal pada ginjal. Sehingga timbul batu ginjal.

    Jika batu ginjal tidak secepatnya dilakukan operasi maka dapat berakibat luka didalam dinding ginjal. Kalau adanya luka didalam dinding ginjal, otomatis bakteri pada urin akan segera mungkin masuk pada ginjal. Akhirnya infeksi ginjal pun terjadi.

  3. Infeksi ginjal
    Ginjal merupakan tempat dimana untuk menampung urine. Jika ginjal telah terpenuhi urine dan tidak secepatnya dikeluarkan dari tubuh maka akan berdampak terhadap infeksi pada ginjal.

Untuk itu demi kesehatan anda, jangan sampai anda menahan kencing. Walaupun sesibuk anda, sempat-sempatkanlah anda untuk kencing jika tidak ingin kesehatan anda terancam.