Home / Beasiswa / 4 Kategori Beasiswa Yang Wajib Mahasiswa Ketahui

4 Kategori Beasiswa Yang Wajib Mahasiswa Ketahui

Halo sobat mahasiswa, tidak terasa tahun 2017 sudah mau berakhir ya. Kira-kira pencapaian apa saja yang sudah kamu raih selama tahun 2017 ini? Atau kamu sudah punya daftar resolusi untuk tahun 2018.

Berbicara mengenai resolusi untuk tahun 2018, financial planning (perencanaan keuangan) penting sobat masukkan dalam daftar.

Mengapa? Jadi bukan hanya para orang tua atau ibu rumah tangga saja yang punya perencanaan keuangan, sobat juga harus punya supaya tidak boros karena mayoritas mahasiswa tinggal di kostan.

Perencanaan keuangan ini terkait dengan sumber pemasukan dana dan post pengeluaran biaya. Kalau urusan pengeluaran biaya kita semua ahlinya, apalagi kalau tidak ada postnya bisa cepat terkuras kan.

Lain halnya dengan pengeluaran biaya, seringkali kita dibikin pusing dengan sumber pemasukan dana. Terutama mahasiswa, ketika pertengahan bulan dompet mulai menipis sedangkan uang bulanan dari orang tua baru akan dikirim bulan depan .

Nah, ini pentingnya sobat membuat financial planning resolutions, sobat harus cerdas menentukan sumber pemasukan dana selain dari uang bulanan yang dikirim orang tua. Salah satu sumber pemasukan dana adalah beasiswa.

Beasiswa merupakan suatu bentuk pemberian bantuan keuangan yang diberikan oleh lembaga Pemerintah, Yayasan/Swasta, dan Perusahaan kepada mahasiswa dan/atau calon mahasiswa secara perorangan. Tujuan pemberian beasiswa sebagai reward atas prestasi mahasiswa untuk keberlanjutan pendidikan yang ditempuh.

Beasiswa ada yang diberikan langsung kepada mahasiswa, juga ada yang dengan sistem ikatan kerja (ikatan dinas) antara mahasiswa yang menerima beasiswa dengan lembaga yang memberikan beasiswa.

Untuk beasiswa ikatan dinas, setelah lulus kuliah sobat dapat langsung diterima bekerja di lembaga yang memberikan beasiswa tersebut.

Walaupun begitu tetap ada syarat untuk memperoleh beasiswa, misal beasiswa diberikan kepada mahasiswa berprestasi, sedang duduk di semester 3 atau 5. Batas minimal IPK >2.75 – 3.00 mulai dari semester 1 dan terus bertahan sampai semester 6. Jika IPK <2.75 – 3.00, maka beasiswa dihentikan.

BACA JUGA:   Beasiswa Dalam Negeri, Mahasiswa Wajib Tahu

Jangan khawatir, sobat yang IPK nya <2.75 masih ada kesempatan untuk memperoleh beasiswa, karena beasiswa banyak kategorinya.

Sobat harus sering mencari informasi beasiswa baik dari Universitas maupun Lembaga Pemerintah, Yayasan/Swasta, dan Perusahaan.

Jika sobat masih kesulitan mencari informasi beasiswa, berikut kami akan ulas informasi lengkap mengenai kategori beasiswa untuk mahasiswa dan/atau calon mahasiswa:

1. Beasiswa Awards

Seringkali diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik secara keseluruhan. Contohnya prestasi IPK tertinggi, namun seleksi beasiswa ini sangat kompetitif dan tetap berdasarkan urutan peringkat.

2. Beasiswa Kurang Mampu

Diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu secara finansial. Beasiswa ini untuk mendanai kegiatan akademik mahasiswa agar dapat terus berlanjut kuliahnya.

Juga dipertimbangkan mahasiswa tersebut memiliki prestasi. Selain itu ada penilaian oleh komite beasiswa seperti pendapatan orang tua, jumlah saudara kandung yang sedang menempuh pendidikan, pengeluaran keluarga, biaya hidup, listrik, dll.



Jadi pemberian beasiswa dapat tepat sasaran, karena tidak sedikit mahasiswa yang memanfaatkan momen ini untuk memperoleh beasiswa bantuan. Walaupun kenyataannya secara finansial mereka termasuk kategori mampu secara finansial.

Contoh lembaga yang memberikan beasiswa kurang mampu:

  • Beasiswa Bidik Misi: Beasiswa yang diberikan oleh Dirjen Dikti kepada seluruh Universitas baik negeri maupun swasta. Seperti slogannya “Bidik Misi Menggapai Asa, Memutus Mata Rantai Kemiskinan”
  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA): Diberikan kepada mahasiswa dengan tujuan untuk meningkatkan pemerataan dan kesempatan belajar bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan biaya. Mendorong dan mempertahankan semangat belajar mahasiswa agar dapat menyelesaikan pendidikan tepat waktu. Juga meningkatkan prestasi akademik sehingga memacu peningkatan kualitas pendidikan.
  • Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)
  • Beasiswa Yayasan Supersemar
  • Beasiswa Bank Indonesia: Beasiswa diberikan kepada sejumlah mahasiswa yang memenuhi persyaratan dari Bank Indonesia. Beasiswa ini tanpa adanya ikatan dinas, diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik.
BACA JUGA:   Beasiswa Dalam Negeri, Mahasiswa Wajib Tahu

3. Beasiswa Penuh

Beasiswa ini biasanya menutupi keperluan akademik mahasiswa secara keseluruhan, mencakup biaya hidup, uang buku, tempat tinggal, transportasi, biaya pendidikan. Biasanya seleksi beasiswa ini sangat ketat, jadi sobat harus ekstra berusaha kalau berminat dengan beasiswa penuh.

4. Beasiswa Khusus Atlet

Bagi sobat yang punya prestasi dibidang olahraga atau mungkin sobat mahasiswa seorang atlet, maka bisa mencoba apply beasiswa khusus atlet.

Universitas melakukan rekrutmen mahasiswa atlet untuk diberikan beasiswa, sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan pendidikan secara gratis.

Selain itu mahasiswa atlet juga diikutsertakan dalam tim olahraga universitas. Harapannya dapat mewakili universitas untuk ikut serta berprestasi di setiap cabang perlombaan olahraga tingkat nasional dan internasional.

Semua kategori beasiswa memiliki batas waktu untuk apply, jadi sobat harus mempersiapkan segala persyaratannya sebelum pendaftaran beasiswa dibuka.

Sobat harus rajin bertanya ke bidang akademik dan senior yang pernah memperoleh beasiswa untuk mengetahui waktu dimulainya pendaftaran beasiswa beserta persyaratannya.

Beasiswa menjadi sumber pemasukan dana karena beasiswa dalam bentuk bantuan keuangan dapat digunakan untuk membayar iuran semester dan menutupi biaya kebutuhan hidup. Sehingga uang semester dari orang tua bisa ditabung, dan saat ada keperluan mendadak tabungan tersebut bisa dipakai.

Walaupun tabungan tersebut bisa dipakai, sobat tetap harus menghandle pengeluaran dengan manajemen keuangan yang bijak. Juga harus jujur kepada orang tua jika sobat memperoleh beasiswa dan uang semester yang orang tua berikan sobat tabung.

Setelah membaca beberapa kategori beasiswa untuk mahasiswa dan/atau calon mahasiswa, apakah sobat tertarik untuk segera mempersiapkan persyaratan melamar beasiswa tersebut?

Oke sobat, terima kasih telah membaca 4 kategori beasiswa yang wajib mahasiswa ketahui.