Home / Tips Kuliah / Sering Bilang Ummm.. Eeee.. Ada Nih Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi

Sering Bilang Ummm.. Eeee.. Ada Nih Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi

Halo sobat apa kabar? Semoga sobat baik-baik aja, dan selalu jangan lupa untuk minum secangkir kopi saat mengerjakan tugas kuliah yang harus dipresentasikan besok pagi di jam pertama kuliah. Supaya gak ketiduran, tugas segera kelar dan sobat bisa pahami isinya sebelum tengah malam yang waktunya dipakai untuk istirahat, dan menyimpan energi supaya gak grogi saat presentasi besok.

Grogi saat presentasi, Ummm.. kemudian Eeee.. adalah gumaman yang mungkin sobat pernah ucapkan saat presentasi di kelas. Kalau keseringan bergumam Ummm.. Eeee.. maka pesan yang ingin disampaikan akan sulit dicerna oleh audiens.

Presentasi kok isinya kebanyakan Ummm.. Eeee.. belum lagi kalau ini merupakan presentasi kelompok yang membuat sobat gak bias diantara teman satu kelompok. Jangan sampai karena sobat grogi saat presentasi membuat dosen gak segan memberikan nilai C, apalagi kalau sobat bukan mahasiswa yang baru masuk ke dunia perkuliahan.

Tapi sobat gak perlu galau, karena masalah grogi yang membuat sobat belepotan (tidak lancar berbicara) saat melakukan presentasi juga sering dialami oleh banyak orang dari berbagai kalangan usia.

Grogi saat presentasi merupakan masalah public speaking yang susah-susah gampang, soalnya tinggal ngomong aja di depan audiens, bagi sobat jago ngomong it’s ok lah. Namun bagi sobat yang belum terbiasa public speaking mungkin ini merupakan masalah besar, dan sobat akan sering berhadapan dengan filler words seperti Ummm.. Eeee.. dan sejenisnya yang tanpa sobat sadari secara reflek keluar begitu saja.

Buat sobat yang sering mengalaminya, ada nih beberapa cara mengatasi grogi saat presentasi.

Persiapan

Coba sobat flashback pas sobat mau ngedate bareng pacar atau ke rumah calon mertua pastinya perlu persiapan dong dengan urutan-urutannya mulai dari mandi biar segar, dandan kece, rambut klimis, pakai gaun ala putri, sampai semprot parfum sebotol. Tujuannya apalagi kalau supaya sobat pede buat ngedate bareng pacar, penampilan oke, gak bau ketek, gak ditolak calon mertua.

BACA JUGA:   Ingin Hidup Sehat Meski Sibuk Kuliah? Baca 5 Tips Ini

Bukan cuma pas momen itu aja sobat butuh persiapan, sebelum hari H presentasi sobat juga harus punya persiapan. Apa saja yang harus sobat siapkan:

Materi presentasi, pastikan materi sudah siap dan tanyakan pada diri sobat mengenai konten apakah sudah menarik perhatian, bisa dinikmati, dan mudah dipahami oleh audiens? Kalau dari materi sudah siap namun konten kurang menarik, maka besar kemungkinan selama presentasi audiens akan mudah bosan, gak fokus ke slide dan gak merhatiin sobat yang sedang ngomong.



Kuasai Materi

Tau gak kenapa saat sobat presentasi 70% isinya Ummm.. Eeee..? Kemungkinan besar karena sobat gak paham materi yang di presentasikan apalagi kalau sobat gak ikut bikin presentasi kelompok, jadi gak ngerti deh apa yang mau diomongin ke audiens.

Einsten pernah bilang “Kalau kamu gak bisa menjelaskan dengan mudah, berarti kamu belum ngerti”

Persiapan yang kurang membuat penguasaan materi jadi gak maksimal, dan secara otomatis memicu rasa khawatir kalau materi yang disampaikan gak lancar. Jadi Gak ada cara lain yang menolong sobat selain melakukan persiapan maksimal dan sungguh-sungguh menguasai materi.

Latihan

Khusus untuk sobat yang punya masalah dengan filler words saat public speaking, coba deh sobat sering-sering untuk latihan ngomong sendiri di depan cermin atau saat sedang di kamar mandi.

Latihan ngomong sendiri akan bermanfat mengurangi filler words yang tanpa disadari sering sobat lakukan. Latih juga nada bicara sobat supaya tidak terkesan datar yang membuat audiens jadi mengantuk dan bosan.

Berlatih seolah-olah sobat sedang ngobrol dengan teman atau berada di depan umum, untuk hasil yang optimal lebih baik lagi kalau sobat berlatih menggunakan slide presentasi.

BACA JUGA:   5 Kesalahan Fatal Belanja Online Yang Sering Dialami Mahasiswa

Jangan lupa juga bahwa dengan latihan ngomong sendiri dapat melatih kontak mata sobat kepada audiens sehingga sobat tidak melulu fokus ke slide.

Talk to Us, not at Us

Perlu sobat sadari kalau di ruangan presentasi gak cuma ada dinding putih, tapi ada audiens yang siap mengikuti jalannya presentasi. Ketika sobat punya kesempatan ngomong di depan itu tujuannya supaya audiens mendengarkan.

Kenapa harus talk to us? Ya memang karena tujuan sobat ngomong di depan supaya audiens yang sebagai subyek mau mendengarkan.

Lain lagi kalau sobat hanya talk at us, itu sama aja sobat ngomong dengan dinding dan gak peduli apa yang audiens dengar.

Oh iya, jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum sobat memulai presentasi supaya hati lebih tenang dan rasa grogi gak jadi muncul deh.

Oke sobat, demikian beberapa cara mengatasi grogi saat presentasi atau public speaking, lumayan membantu kan? Semoga presentasi sobat gak kebanyakan Ummm.. Eeee.. supaya lebih enak untuk didengar audiens dan presentasi selesai dengan nilai yang baik.