Home / Materi Kuliah / Psikologi / Ada Berapakah Cabang Ilmu Psikologi ?

Ada Berapakah Cabang Ilmu Psikologi ?

Ada berapakah Cabang Ilmu Psikologi?

Pada ulasan kali ini BedahKampus akan memaparkan secara rinci cabang-cabang dalam ilmu psikologi yang perlu sobat ketahui.

Ilmu psikologi merupakan salah satu bidang keilmuan yang secara khusus mempelajari tentang jiwa seorang manusia.

Orang yang menekuni ilmu psikologi disebut pula sebagai seorang psikolog.

Cabang ilmu psikologi meskipun hanya membahas tentang jiwa manusia, namun ilmu psikologi memiliki cabang yang harus kita ketahui.

Bagi calon mahasiswa atau mahasiswa psikologi berikut ini cabang-cabang ilmu psikologi yang dapat dipelajari.

 

Cabang-cabang Ilmu Psikologi

  1. Psikologi Abnormal

Psikologi abnormal adalah cabang ilmu psikologi yang membahas tentang perilaku yang tak biasa dan cendrung tidak biasa (abnormal).

Psikologi abnormal mempelajari berbagai penyakit mental seperti penyimpangan se_ks_ual, depresi, pedofilia, dan lain sebagainya.

 

  1. Biopsikologi

Biopsikologi merupakan cabang ilmu dalam psikologi yang mempelajari tentang beragam fungsi-fungsi syaraf.

Telah diketahui bahwa, syaraf dalam otak ini mampu mempengaruhi kondisi perilaku kita sebagai seorang manusia.

Biopsikologi dahulunya di sebut sebagai ilmu psikologi faal, namun seiring bergantinya kurikulum dalam pembelajaran jurusan psikologi sendiri, psikologi akhirnya berubah menjadi Biopsikologi.

 

  1. Psikologi Komparatif

Psikologi komparatif adalah ilmu psikologi yang meneliti perilaku hewan. Perilaku hewan tersebut di teliti guna menemukan keefektifitasan uji eksperimental sebelum di terapkan pada manusia.

 

  1. Psikologi Konseling

Psikologi konseling adalah ilmu psikologi terapan yang mana mempelajari teknik-teknik komunikasi dalam menghadapi klien yang membutuhkan penanganan, melalui komunikasi.

Fokusan dalam psikologi konseling adalah berupa penyediaan terap intervensi yang sedang berjuang untuk mengatasi permasalahan mental, sosial, ataupun perilaku.

 

  1. Psikologi Perkembangan

Cabang ini membahas tentang rentang perkembangan seorang manusia, semenjak ia lahir, hingga ia meninggal.

BACA JUGA:   14 Mata Kuliah Utama Mahasiswa Jurusan Psikologi

Perhatiannya pun di khususkan pada pola perilaku dan segala berbagai hal dalam mentalnya di setiap usia perkembangannya.

 

  1. Psikologi Pendidikan

Psikologi Pendidikan membahas tentang permasalahan pembelajaran seorang manusia.



Dalam psikologi pendidikan akan banyak membahas tentang kemampuan dalam mengingat pelajaran, mempertunjukan model pembelajaran yang sesuai dengan usia anak, dan bakat masing-masing individu.

 

  1. Psikologi Kesehatan

Psikologi kesehatan ini membahas tentang permasalahan untuk menghadapi individu yang mengalami stres maupun bagaimana cara untuk memulihkannya.

Psikologi kesehatan akan banyak di pelajari, ketika anda mengambil spesialisasi di bidang klinis.

 

  1. Psikologi Industri dan Organisasi

Bidang psikologi industri dan organisasi akan banyak di praktekkan di dunia kerja, khususnya industrial.

Tujuan dalam pembelajaran mata kuliah psikologi industri dan organisasi adalah agar para lulusannya nanti, mampu menghadapi permasalahan terkait peningkatan motivasi kerja, kepuasan, produktivitas, performa, dan kesesuaian dalam kerja.

 

  1. Psikologi Sosial

Meliputi beragam penelitian tentang permasalahan norma sosial terhadap tingkah laku individu, kecocokan, prasangka, cinta, serta perilaku kasar seorang manusia.

Psikologi sosial seringkali di samakan dengan ilmu sosiologi.

Hal tersebut padahal merupakan hal yang kurang tepat dikarenakan psikologi sosial membahas tentang individunya yang berada dalam skup lingkungan sosialnya, sedangkan sosiologi membahas tentang dinamika kelompoknya atau yang lebih luas adalah masyarakatnya.

 

  1. Psikologi Olahraga

Menyelidiki bagaimana cara untuk meningkatkan ataupun mempertahankan motivasi seorang atlit dalam meraih prestasi.

Psikologi olahraga terkadang mirip dengan psikologi industri dan organisasi yang mana membahas tentang meningkatkan motivasi, prestasi, dan performa.

Yang menjadi pembeda adalah subjek yang di hadapi, jika psikologi industri dan organisasi adalah pekerja sedangkan olahraga adalah atlit.

 

  1. Psikologi Kognitif

Terfokus kepada persepsi mengenai mekanisme mental dan kemampuan berfikir.

BACA JUGA:   10 Alasan Mengapa Memilih Kuliah Jurusan Psikologi

Cabang ini sangat di butuhkan oleh para peneliti untuk melakukan berbagai macam eksperimental dalam ilmu psikologi. Terlebih mereka yang terfokus pada neuroscience.

 

  1. Psikologi Faktor Manusia

Psikologi ini terfokus pada beberapa kategori disiplin ilmu psikologi. Diantaranya adalah ergonomi, kesalahan manusia, keselamatan di tempat kerja, interaksi dengan mesin, desain produk dan lain sebagainya.