Home / Kampus / 8 Penemuan Inovatif Mahasiswa Kos-kosan Indonesia

8 Penemuan Inovatif Mahasiswa Kos-kosan Indonesia

Sobat, mahasiswa yang ngekos selalu identik dengan sifat mandiri dan hidup ngirit, bahkan mungkin bisa dibilang pelit sih.. hehe…

Kondisi jauh dari orang tua dan merantau ke kota orang membuat mahasiswa wajib untuk hidup cerdik dan pandai pandai mengatur uang.

Alih alih bisa boros dan hidup seenaknya, bisa bisa akhir bulan menjadi kiamat kecil yang melanda.

Jadi atas dasar inilah umumnya para mahasiswa yang nge-kos bisa terlatih hidup dengan irit dan mandiri.

Serta dari sinilah pula trik trik baru muncul untuk mendukung hidup mereka yang sarat akan keterbatasan, langsung saja simak beberapa trik yang penemunya mahasiswa kos berikut ini :

1. Water heater bisa buat masak mie rebus

Terungkap 8 Inovasi (dalam bertahan hidup) penemuan anak kos

Sebenarnya sih, Water heater itu fungsinya buat manasin air. Baik buat bikin kopi, teh, susu dsb. Tapi di tangan mahasiswa kos-kosan, alat ini bertransformasi menjadi panci mie rebus atau bahkan pembuat Jelly. 

Hebat kan?

2. Magic jar bisa berubah menjadi alat masak serbaguna

Terungkap 8 Inovasi (dalam bertahan hidup) penemuan anak kos 2

Bagi mahasiswa kos, dapur itu gak harus berisi wajan, panci dan kitchen set. Nah dari sinilah muncul inovasi baru yang menjadikan magic gar sebagai alat masak serbaguna. Di tangan mahasiswa kos, magic jar disulap menjadi alat masak serbaguna yang harganya jutaan. Dari mulai masak/menanak nasi, bikin sop, sampai goreng telur bisa mereka lakukan dengan alat ini.

3. Botol minuman plastik bisa jadi gelas minum yang seksi

Terungkap 8 Inovasi (dalam bertahan hidup) penemuan anak kos 3

Di kosan gak ada gelas kaca? Nggak masalah lah. Gunting gunting aja botol air mineral bekas, wuss dalam sekejap gelas cantik nan seksi pun tercipta. haha..

4. Pasta gigi gak tersisa dengan memotongnya menjadi dua

Terungkap 8 Inovasi (dalam bertahan hidup) penemuan anak kos 4

Demi menyelamatkan uang jajan, mahasiswa kos-kosan harus selalu memastikan pasta gigi dalam kemasan udah habis sebelum dibuangnya ke tong sampah. Cara memaksimalkannya, mereka biasanya akan mengguntingnya menjadi dua bagian, atau dipencet pencut ujungnya sampek jempolnya kapalan.



5. Nggak ada setrika listrik, pantat panci panas pun jadi

Terungkap 8 Inovasi (dalam bertahan hidup) penemuan anak kos 5

Mau jalan-jalan nih, mau pergi tapi baju di laundry belum kelar. Adanya baju lusut di lemari. Nggak usah khawatir, tanpa alat setrika baju bisa kelimis dengan menggosok gosokkan pantat panci panas ke bagian permukaan pakaian. Tapi pastikan bukan panci gosong ya, Entar malah item nanti tuh baju malah gaswat kan.

6. Kursi bisa jadi “Meja” yang nyaman

Terungkap 8 Inovasi (dalam bertahan hidup) penemuan anak kos 6

Meja adalah tempat menulis yang nyaman. Tapi bagaimana jika ternyata gak ada meja yang tersedia? Nah, bukan nge-kos namanya kalau nggak punya ide cemerlang. Daripada harus menunduk yang bikin punggung pegal, Manfaatkan aja kursi. 

Angkat dan letakkan di pangkuan di jamin bakalan bisa nulis dengan nyaman.

7. Nggaduk minuman panas pake’ bungkusnya

Terungkap 8 Inovasi (dalam bertahan hidup) penemuan anak kos 7

Tidak selamanya mengaduk minuman itu harus memakai sendok kok. Begitu yang dikatakan mahasiswa kos,Bagi mereka Saat kondisi kepepet mengaduk minuman panas bisa dengan menggunakan sisa bungkus kemasan. 

Caranya mudah sekali tinggal pipihkan bungkus kemasan (biasanya bungkus kopi), kemudian lipat memanjang, dan jadilah pengaduk dadakan.

 

8. Karton atau kertas bekas bija di bikin serokan lantai

Terungkap 8 Inovasi (dalam bertahan hidup) penemuan anak kos 8

Demi kamar yang bersih, mahasiswa kos punya cara yang gampang dan hemat. Salah satunya dengan memanfaatkan karton, atau kertas bekas sebagai serokan sampah. Barang bekas juga bisa dimanfaatkan. Jadi lebih ramah lingkungan kan?

Nah teman, itulah beberapa penemuan mahasiswa kos-kosan, yang muncul karena pengalaman hidup mereka. Dengan moto hidup hemat walaupun banyak keterbatasan, akhirnya muncullah inovasi inovasi baru ala anak kos. Haha kamu yang pernah menjadi anak kos, pasti pernah ngelakuin paling tidak salah satu dari delapan di atas.

BACA JUGA:   14 Mata Kuliah Utama Mahasiswa Jurusan Psikologi